BAB III
ANALISIS
SISTEM
3.1 Objek Penelitian
Penelitian
ini dilakukan di Hotel Santika Bandung
yang berlokasi di Jl.Sumatera Bandung. Perusahaan ini bergerak dibidang Industri Perhotelan. PT
Grahawita Santika merupakan anak perusahaan dari Kelompok Kompas Gramedia ( KKG
) yang berdiri sejak bulan Agustus 1981. Menjadi jaringan hotel pilihan utama yang terbesar di Indonesia merupakan
visi perusahaan dan misinya adalah menciptakan nilai lebih bagi stake holdernya
dengan menyajikan produk bermutu disertai layanan profesional yang ramah dalam
mewujudkan “Sentuhan Indonesia” sebagai citra santika. Grand Opening
Hotel Santika Bandung diadakan pada tanggal 15 Juli 1989 oleh Bp Soesilo
Soedarman (Menparpostel pada saat itu). Dalam operasionalnya Hotel santika
Bandung memiliki motto "Sentuhan Keramahan" atau "The Extra
Touch of Hospitality" akan tetapi sejak awal tahun 1999 motto tersebut
telah berubah menjadi " Sentuhan Indonesia" atau “The Extra Touch
of Indonesian. , alasannya karena sekarang ini Hotel Santika telah tersebar
di 11 Kota besar di Indonesia, antara lain
Hotel Santika Bandung, Hotel Puri Santika Cirebon, Hotel Santika
Yogyakarta, Graha Santika Semarang, Hotel Santika Semarang, Santika Beach Bali,
Hotel Santika Menado, Hotel Santika Jakarta, Hotel Santika Surabaya, Hotel
Santika Villas Bali , Hotel Santika Pontianak
(Beroperasi Bulan April 2003), Hotel Santika Malang ( Masih dalam pembangunan Beroperasi Tahun 2004). Pada tanggal 16
Januari 2003 Hotel Santika Bandung telah berhasil meraih Sertifikat ISO 9000 :
2001.
3.2 Struktur
Organisasi Hotel Santika
Dalam suatu perusahaan, struktur organisasi
sangat penting karena organisasi adalah bentuk persekutuan dua orang atau lebih
yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang terikat secara formal,
dimana didalam hubungan tersebut, ada kelompok orang yang disebut pimpinan dan
kelompok orang yang disebut bawahan. Dengan adanya struktur organisasi yang
teratur dan baik,maka setiap karyawan dapat mengetahui apa yang harus
dikerjakannya dan dari siapa dia menerima perintah serta kepada siapa dia
bertanggung jawab.
Hotel Santika Bandung dipimpin oleh seorang General
Manager yang bertanggung jawab kepada PT.Grahawita Santika. General
Manager membawahi beberapa departemen,yaitu:
1. Front Office Department
2. Housekeeping Department
3. Marketing Department
4. Food and Beverages Service Department
5. Food and Beverages Product Department
6. Accounting Department
7. Engineering Department
8. Human Resources & Development ( HRD )
Department
Untuk lebih jelas mengenai struktur
organisasi Hotel Santika dapat dilihat pada gambar 3.1
Di samping gambaran struktur organisasi dari Hotel
Santika secara keseluruhan, juga terdapat
gambaran struktur organisasi HRD ( Human Resources & Development )
Department Hotel Santika Bandung yang merupakan bagian yang terkait
dengan penulisan Laporan Tugas Akhir.
HRD ( Human Resources & Development )
Department ini dikepalai oleh seorang manajer yang membawahi :
1. HRD ( Human Resources & Development )
Administrator
2. HRD ( Human Resources & Development )
Clerk
3. Chief Security
4. Security Leader
5. Security Guard
Untuk lebih jelas gambaran struktur
organisasi Departemen HRD ( Human
Resources & Development ) dapat dilihat pada gambar 3.2
3.3 Deskripsi
Jabatan
Deskripsi Jabatan Hotel Santika Bandung,
adalah sebagai berikut:
1. General Manager
Tugas, wewenang dan tanggung jawab General
Manager adalah sebagai berikut:
a. Memimpin, mengelola dan mengendalikan semua
aktivitas operasional perusahaan agar dapat dicapai standar pelayanan yang
telah ditetapkan dan dapat mencapai target pendapatan dan pengeluaran biaya
sesuai dengan budget operasi.
b. Membuat rencana taktis perusahaan dan
kebijakan operasional perusahaan termasuk implementasi nya.
c. Memberikan informasi kepada manajer
bawahannya mengenai kebijakan-kebijakan perusahaan serta perubahannya.
d. Mengawasi dan mengevaluasi aktivitas yang
dilaksanakan oleh setiap departemen dalam perusahaan.
2. HRD
( Human Resources of Development ) Manager
HRD (Human
Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan lingkup
pekerjaan yaitu :
a. Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan
pengembangan Sumber Daya Manusia di lingkungan hotel, yaitu dalam hal
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk
pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang
berlaku di perusahaan.
b. Bertanggung
jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government
& industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra
perusahaan.
Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human
Resources of Development) Manager adalah sebagai berikut:
a. Menyusun, merencanakan, mengawasi dan
mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta
bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
b. Bertanggung jawab terhadap perencanaan,
pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang
dibutuhkan oleh perusahaan.
c. Melaksanakan seleksi, promosi, transfering,
demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
d. Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan,
pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental,
keterampilan dan pengetahuan karyawan
sesuain dengan standard perusahaan.
e. Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang
berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji, tunjangan
dan bonus.
3. HRD ( Human Resources of Development )
Administrator
Tugas Pokok
dan Tanggung Jawab:
a. Bertanggung jawab dalam membantu HRD (Human
Resources Of Development) Manager dalam bidang administrasi,
kelancaran pelaksanaan peraturan perusahaan, menjalankan program dan prosedur
pada peraturan dan tata tertib serta mengawasi time keeping.
b. Menyusun persiapan untuk pembayaran gaji pada
bulan berjalan, antara tanggal 16 – 20 setiap bulannya.
c. Diantara tanggal 21 – 25 setiap bulannya
mengajukan dana ke Accounting department untuk pembayaran gaji bulan yang berjalan.
d. Mengajukan dana untuk penggantian obat rawat
jalan setiap 2 kali seminggu (Rabu dan Sabtu), bagi karywan yang telah
menyampaikan resep pengobatan dari dokter.
e. Menyusun laporan untuk pembayaran pajak pasal
21 termasuk pajak entertainment.
f. Membuat laporan rekapitulasi makan karyawan
setiap bulan untuk dilaporkan ke accounting department.
g. Membuat laporan rekapitulasi pelaksanaan
training dan evaluasi pelaksanaan untuk dikirimkan ke direksi.
h. Membuat laporan rekapitulasi mutasi, promosi
dan status karyawan (tambahan anak, menikah, berhenti).
i.
Membuat
laporan dana iuran Pensiun / astek setiap bulan.
4. HRD
( Human Resources of Development ) Clerk
Uraian
tugas :
a. Melakukan proses pengambilan cuti tahunan dan
mempersiapkan laporan-laporannya.
b. Melakukan proses pengambilan “Day Off
Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift karyawan.
c. Melakukan perhitungan “meal coupon”
karyawan.
d. Memeriksa dan mendata ijin sakit karyawan.
e. Membantu HRD (Human Resources of
Development) Administrator dalam pengarsipan dan pembuatan
surat-surat.
3.4 Analisis Sistem yang sedang Berjalan.
Sistem
Informasi penerimaan karyawan baru pada Departemen HRD (Human Resources of
Development) Hotel Santika Bandung yang ada selama ini dijalankan secara
manual sehingga memerlukan banyak waktu yang mengakibatkan tidak efektif dan
tidak efisien.
Penjelasan Flow
Chart Prosedur penerimaan karyawan baru di Hotel Santika yang sedang berjalan
adalah sebagai berikut:
1.
Departemen yang membutuhkan karyawan baru
mengajukan terlebih dahulu permintaan
tenaga kerja dengan mengisi Formulir Permintaan Tenaga Kerja (PTK).
2.
Setelah diisi maka diserahkan ke Manager HRD (Human
Resources of Development).
3.
Staf HRD (Human Resources of Development)
memeriksa file yang ada, file tersebut harus sesuai dengan persyaratan jabatan
dari tenaga kerja yang diminta oleh departemen yang terkait.
4.
Apabila ada yang sesuai dengan persyaratan itu maka
staf HRD (Human Resources of Development) membuat surat panggilan untuk
pelamar yang sesuai kriteria.
5.
Dan apabila dalam file tersebut tidak ada yang sesuai
dengan persyaratan maka Manager HRD (Human Resources of Development)
membuat suatu informasi lowongan kerja melalui berbagai sumber baik sumber
internal maupun eksternal. Jika calon tidak didapatkan dari dalam , maka
dibuatkan informasi adanya lowongan di harian umum (Pikiran Rakyat).
6.
Pelamar memasukkan surat lamaran ke bagian HRD (Human
Resources of Development).
7.
Staf HRD (Human Resources of Development)
menyeleksi surat lamaran yang masuk dengan cara memilih surat-surat lamaran dan
mengelompokkan atas surat lamaran yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi
syarat. Lamaran yang tidak memenuhi syarat berarti gugur, sedang lamaran yang
memenuhi syarat dipanggil untuk mengikuti seleksi berikutnya. Dalam surat
panggilan dicantumkan waktu, tempat, dan alat-alat yang diperlukan untuk
mengikuti seleksi tersebut.
8.
Manager HRD (Human Resources of Development)
meminta pelamar untuk mengisi formulir data pribadi yang telah disediakan, lalu
melakukan wawancara awal dengan pelamar untuk mengetahui latar belakang pelamar
secara umum.
9.
Setelah wawancara awal dilakukan oleh Manager HRD (Human
Resources of Development), maka dilanjutkan dengan wawancara lanjutan yang
dilakukan oleh Head Department terkait.
10.
Setelah pelamar diwawancarai maka ditentukan suatu
keputusan mana pelamar yang akan diterima dan pelamar yang ditolak.
11.
Bagi pelamar yang ditolak maka dibuatkan suatu surat
penolakan, dan sebaliknya bagi pelamar yang diterima maka ada surat panggilan
untuk mengikuti tes kesehatan. Tes kesehatan ini dilaksanakan oleh rumah sakit
rujukan misalnya Rumah Sakit Borromeus.
12.
Dari hasil tes kesehatan diputuskan ada pelamar yang
memenuhi syarat dan ada yang tidak memenuhi syarat. Bagi pelamar yang tidak
memenuhi syarat seperti biasanya dibuatkan surat penolakan. Bagi yang memenuhi
syarat dibuatkan surat konfirmasi penerimaan.
13.
Manager HRD (Human Resources of Development)
membuat surat perjanjian dengan calon karyawan. Setelah kedua belah pihak
setuju, maka manager (Human Resources of Development) menjelaskan hak
dan kewajiban calon karyawan itu, kemudian melakukan orientasi terhadap calon
karyawan.
14.
Setelah melakukan orientasi calon karyawan, calon
karyawan tersebut diserahkan ke departemen terkait.
15.
Semua file mengenai calon karyawan tersebut disimpan di
bagian HRD(Human Resources of Development).
Untuk lebih
jelas Flow Chart Prosedur penerimaan karyawan baru di Hotel Santika yang sedang
berjalan dapat dilihat pada gambar 3.3.
3.4.1
Dokumen-dokumen yang dihasilkan
Dokumen-dokumen
yang dihasilkan oleh Departemen HRD (Human Resources Of Development)
adalah sebagai berikut:
1.
Formulir Permintaan Tenaga Kerja, dokumen ini digunakan
oleh Departemen yang membutuhkan karyawan baru. Sebelum memberikannya kepada Departemen HRD (Human Resources Of
Development), formulir ini harus disetujui oleh Departemen Head yang
bersangkutan.
2.
Formulir Data Pribadi Karyawan/Pelamar. Formulir ini
akan diberikan kepada pelamar sebelum melakukan tes wawancara.
3.
Surat Panggilan. Surat panggilan akan diberikan kepada
pelamar yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes penerimaan karyawan.
4.
Surat Penolakan. Surat ini akan diberikan kepada
pelamar yang tidak lulus dalam tes
penerimaan karyawan.
5.
Surat Perjanjian. Surat perjanjian ini akan diberikan
kepada calon karyawan yang lulus seleksi penerimaan karyawan yang dilakukan
oleh perusahaan tersebut dan surat ini harus disepakati oleh calon karyawan
tersebut.
3.4.2
Prosedur Kerja Dari Penerimaan Karyawan Baru
yang sedang berjalan
Gambar 3.4 Flow Map Penerimaan Karyawan Baru di Hotel
Santika Bandung yang sedang berjalan
Gambar 3.5 Lanjutan Flow Map Penerimaan Karyawan Baru di
Hotel Santika Bandung yang sedang berjalan
Keterangan
Prosedur yang sedang berjalan
Dalam prosedur ini diawali dengan
aktivitas permintaan karyawan baru dari Departemen Terkait yang membutuhkan
tambahan karyawan melalui atasan langsung, formulir permintaan tenaga kerja
baru ini diisi dan harus disetujui oleh Departemen Head yang bersangkutan.
Formulir permintaan tenaga kerja tersebut ditujukan kepada Departemen HRD (Human
Resources of Development) dalam hal ini kepada Manager HRD (Human
Resources of Development), formulir permintaan tenaga kerja itu harus
diketahui dan disetujui oleh atasan langsung.
Di Departemen HRD (Human
Resources of Development), formulir permintaan tenaga kerja itu diperiksa
lalu mencari file data lamaran apabila ada data lamaran yang sesuai persyaratan
sesuai dengan permintaan tenaga kerja maka akan dibuat suatu surat panggilan
bagi calon karyawan yang memenuhi persyaratan dan apabila tidak ada dalam data
lamaran yang tersedia maka Staff HRD (Human Resources of Development) bertugas mencari calon karyawan melalui
pemasangan iklan di media massa, untuk mendapatkan calon karyawan perusahaan
juga dapat melakukan pencarian di perusahaan itu sendiri. Untuk tahap
selanjutnya yaitu menyeleksi setiap lamaran yang masuk, penyeleksian dilakukan
yaitu secara administratif yang meliputi kelengkapan dan keaslian dokumen.
Semua lamaran yang lulus administrasi oleh Staf HRD (Human Resources of
Development) dibuatkan surat panggilan untuk mengikuti tes wawancara. Tes
wawancara dilakukan oleh Manager HRD (Human Resources of Development) dan wawancara lanjutan oleh Head Departemen
yang bersangkutan. Sebelum melakukan wawancara, semua calon karyawan harus
mengisi dulu data pribadi yang telah diberikan oleh Manager HRD (Human
Resources of Development). Setelah wawancara selesai, dilakukanlah
penyeleksian data calon karyawan yang memenuhi syarat. Setelah menemukan calon
karyawan yang lulus tes wawancara Manager HRD (Human Resources of
Development) membuat surat panggilan
untuk mengikuti tes kesehatan. Departemen HRD (Human Resources of
Development) menyerahkan data calon yang harus mengikuti tes kesehatan
kepada team medis untuk melakukan tes kesehatan Hotel Santika Bandung bekerja
sama dengan Rumah Sakit Borromeous.
Setelah melakukan pengujian tes
kesehatan, team medis memberikan data hasil tes kesehatan kepada departemen HRD
dalam hal ini Manager HRD. Setelah mengetahui calon karyawan yang lulus maka
staff HRD membuat laporan Calon karyawan yang lulus yang akan diberikan kepada
General Manager dan Departemen Terkait. Manager HRD membuat surat perjanjian
untuk calon karyawan yang diterima.
3.4.3 Kelemahan dari Sistem yang sedang berjalan
1.
Sistemnya masih manual sehingga memerlukan waktu yang
lama.
2.
Pencarian tentang informasi pelamar masih dilakukan
secara manual, sehingga staf HRD harus memeriksa satu persatu file surat
lamaran yang masuk.
3.
Belum adanya program pengolah data penerimaan karyawan
baru.
4.
Resiko kehilangan informasi yang tercatat dalam bentuk
formulir sangat tinggi.
5.
Diperlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan
perubahan atau perbaikan data ataupun informasi yang tersimpan dalam arsip.
6.
Tidak tersedianya perangkat pengolahan data yang dapat
mendukung kecepatan perolehan informasi, akibatnya informasi yang diperlukan
manager tidak dapat segera terpenuhi.
7.
Sering terjadi keterlambatan dalam pengumpulan
informasi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar