Dalam memasarkan produk dari suatu brand, Anda
akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan strategi
promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan pada bisnis Anda. Bukan
hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan
Anda dan juga mendulang brand awareness ketika
strategi promosi dijalankan. Untuk mencapai itu semua, simak 10 tips dari
strategi promosi bisnis dari Sribu.com berikut ini!
1. Gunakan
Media Sosial
Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib
dimiliki brand Anda. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna
media sosial. Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda
lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.
2.
Adakan Lomba
Siapa sih yang tidak suka menjadi
pemenang? Tentu saja semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh karena
itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah
satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik.
Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brandyang akan
Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
3.
Bagi-bagi Produk
Jika brand Anda sedang ingin memperkenalkan produk atau varian baru
dari produk yang pernah dikeluarkannya, maka salah satu strategi promosi yang
cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepadatarget
market. Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
4.
Mendata Pelanggan/Target Market
Mengumpulkan data pelanggan
merupakan kegiatan yang kami rekomendasikan. Pada saat proses perkenalan produk
ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan sesuai
dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun
rencana perusahaan berikutnya.
5.
Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi pelanggan
setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk
menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan. Insentif dapat diberikan dalam wujud
yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau produk Anda sendiri.
Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus menggunakan dan semakin
semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah
satu strategi promosi yang jitu!
6.
Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat
Penempatan produk yang baik adalah
penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Anda bisa
saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk lain yang
merupakan komplementer dari jenis produk yang Anda jual. Anda juga bisa
menempatkan produk yang Anda pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah untuk
ditemukan. Dengan memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini
menjadi strategi promosi yang jitu, bukan?
7.
Lakukan Kegiatan Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)
Salah satu strategi promosi lainnya
adalah dengan menunjukkan rasa pedulibrand terhadap
isu di sekitar masyarakat/target market yang
biasa ditunjukkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility)
sambil mempromosikanbrand atau roduk teretentu yang
ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini,brand Anda
akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.
8.
Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan strategi promosi,
Anda boleh menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya) yang telah diberikan label
berupa logo brand Anda sehingga ketika barang promosi tersebut digunakan oleh
seseorang, maka barang tersebut telah mengingatkan orang disekitarnya untuk
menggunakan produk dari brand tersebut.
9.
Susun Acara untuk Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi para
pelanggan setia produk yang akan Anda promosikan. Susunlah acara yang menarik,
banyak hadiah dan tanpa ada standuntuk
berjualan serta tanpa harus memaksa para peserta membeli apa pun pada acara
tersebut. Dengan strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara
tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.
10. Lakukan Survey Pembeli
setelah Penjualan
Untuk meningkatkan kualitas produk
yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi Anda untuk
melakukan survey pada setiap pelanggan setelah penjualan. Anda bisa
melakukannya di tempat, melalui telepon maupun melalui email. Tetunya strategi
promosi berbentuk survey ini
mempermudah pelanggan untuk menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang
produk yang digunakan/dikonsumsi.
Dari 10 tips yang sudah Sribu
bagikan di atas, Anda dapat melakukan berbagai kombinasi strategi promosi yang
menarik dengan tips tersebut sepeti menyelenggarakan kontes melalui media
sosial dan memberikan barang promosi setelah pelanggan menjawab pertanyaan pada survey yang diselenggarakan. Mudah dan juga menarik untuk dicoba,
bukan??
Namun, sebelum strategi promosi yang
ingin Anda jalankan dimulai, pastikan hal-hal seperti logo perusahaan, desain
label dan juga brosur/poster yang akan digunakan telah terdesain dengan baik.
Melalui Sribu.com, Anda akan mendapatkan puluhan hingga ratusan pilihan desain
berkualitas dengan berbagai kategori desain (desain logo, merchandise, brosur dan
lain-lain) dalam waktu singkat dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jasa
desain Sribu.com tentunya akan cocok bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk
melakukan strategi promosi agar angka penjualan segera melonjak dengan cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar